Mantera Melayu ( 5)

1. MANTERA UNTUK PATAH TULANG



Bismillahi Rahmanir Rahim

Jong sengkang kemudi sengkang

Tarik layar kembang sena

Urat yang kendur sudah kutegang

Urat yang putus sudah kusambung

Teguh Allah, tegang Muhammad

Sendi anggota baginda Ali

Tulang gajah, tulang mina

Ketiga dengan tulang angsa

Patah tulang berganti sendi

Badan jangan rusak binasa

Berkat sidi kepada guru

Sidi menjadi kepada aku

La ilaha illallah, Muhammadar Rasulullah



2. MANTERA YANG DIUCAPKAN SAAT MERAMU RAMUAN OBAT



Mantera ini popular di wilayah Rokan, Kampar dan sebagian Kab. Limapuluh Kota:



Bismillahirrahmanirrahin

Bilang-bilang topi ayiar

Den lantiang jo tana buku

Solang tulang lai cayiar

Kok kunun dagiang nan sabuku

Kobual Allah kobual Muhammad kobual bagindo Rasulullah

Barokat guru aku dan doaku barokat lailahaillallah

Artinya:

Bismillahirrahmanirrahim

Bilang-bilang tepi air

Aku lempar dengan tanah baku

Sedangkan tulang dapat cair

Apalagi daging yang sebuku

Makbul Allah makbul Muhammad makbul baginda Rasulullah

Berkat guru aku dan doaku, berkat Lailahaillallah





3. MANTERA PENUTUP LUKA



Dibaca pada luka atau menghindarkan pendarahan:



Bismillahirrahmanirrahim

Poli terpoli

Besi meluka

Besi menangkal

Coba besi merusakkan

Engkau durhaka kepada Allah

Coba engkau membinasakan daging

Engkau durhaka kepada Allah

Tertutup terkunci

Tertanggal terpakai

Berkat doa la haula wala quwwata

Illa billahil aliyyil azhim



4. MANTERA TAWAR BISA



Mantra ini disebut juga dengan mantera penawar, biasanya dibaca untuk menyembuhkan seseorang dari penyakit yang disebabkan sesuatu yang berbisa, seperti serangga, ular, racun ataupun sakit karena bisa lainnya. Orang Melayu percaya, melalui pembacaan mantra ini, kekuatan bisa (racun) akan hilang sehingga orang yang terkena bisa tersebut dapat segera sembuh:



Bismillahirrahmanirrahim

Bismillah aku menawar racun

Aku tau asal racun

Anak lidah asam racun

Seri manik yang menawar

Jin semlut yang punya tawar

Berkat lailahaillallah



5. MANTERA SAKIT PERUT



a.

Bismillahirrahmanirrahim

Meghinju megheijun megheceu

Meghiceu suruh lari

Meghiceu nakal

Meghinju meghinju suruh lari

Pergilah ke tempat kau suke

Jangan lagi di sini

Berkat la ilaha illallah

Muhammadarrasulullah

b.

Bismillah

Lotong kekah ijuk tali

Aku menawar kembung segah

Kentut jandi

Malam senak mudik ke limbung

Si maru rumah mak encik

Lantas turun ke kaki

Turun bisa

Naik tawar

Aku menawar bisa perut

Lotong kekah ijuk tali

Aku menawar kembung segah

Keeentut… jadi!